RAMADHAN 20

 

Untuk menuliskan sesuatu, bila telah punya gagasan yang akan ditulis sepertinya akan dapat mengalir seperti aliran sungai, tetapi bila sedang paceklik – sepertinya tidak ada kata-kata yang dapat dituliskan. Seperti itulah keadaan saya tadi pagi, ketika akan menuliskan RAMADHAN 19, untuk persiapan esok pagi. Anda bisa melihatnya, kapan saya menuliskannya pada SSM ttbbhh yang ada pada nama filenya. Sambil menatap layar komputer dengan kosong, yang tidak biasanya saya membuka direktori dengan urutan abjad, koq kali itu melakukannya. Dan menemukan file yang kemudian saya sertakan pada halaman kedua tersebut.

Betullah firman Allah swt “Fainna ma’al ‘usri yusro, inna ma’al ‘usri yusro”. Saya kemudian dapat menuliskan RAMADHAN 19, yang satu halamannya berupa kutipan. Tidak apa-apa kan, bahkan satu halaman tersebut lebih berbobot dibanding tulisanku yang dua atau tiga halaman, bukan? Hanya saya memikirkan waktu itu, apakah artikel itu sudah pernah saya sampaikan ke teman-teman atau belum, itu saja.

Keberadaan Jon Gordon, dengan The Energy Bus-nya, diperkenalkan oleh seorang teman beberapa tahun silam, dan secara berkala saya menerima email dari Jon Gordon, yang walau tujuan utamanya adalah untuk memasarkan buku-buku yang ditulisnya, tetapi dia tidak segan-segan untuk mengutipkan isi bukunya seperti yang saya sertakan kemarin. Ya semacam icip-icip atau diintipkan lewat jendela. Selama ini, walau sudah mencicipi dan tahu ada buku-buku bagus seperti itu, ya tidak pernah berusaha untuk mencarinya. Maksudnyamencari yang gratisan. He he.

Ketika tadi saya menuliskan judul-judul buku tulisan Jon Gordon, dan menunjukkan website-nya, saya belum terfikir apa-apa tentang tindak lanjut yang bisa dilakukan. Baru kemudian, lho saya juga kan hanya ngiming-ngiming anda semua. Lalu kemudian terfikir, mengapa tidak saya mencari buku tersebut di “toko-buku-langganan” yang baru saya ketahui beberapa minggu silam. Dan mencoba mencarinya, ternyata dapat sebagian dan bahkan dapat imbuh dari pengarang lain yang isi bukunya senafas. Alhamdulillah. Ya Allah, Engkau telah menunjukkan aku kepada jalan kemudahan.

Semoga nanti memberi manfaat.

 

Saifuddien Sjaaf Maskoen

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: