CERITA PAGI

 

 


Kumpulan Tulisan Lepas
oleh

Saifuddien Sjaaf Maskoen


 

PENGANTAR

Dalam khazanah istilah di kota kelahiranku, dikenal frasa “rok-rok-asem” yang maksudnya kadang ON tetapi dilain kesempatan bisa OFF atau lebih teknisnya lagi flip-flop. Misalnya untuk menyatakan anak yang tidak tekun mengikuti kegiatan mengaji di kyai atau gurunya, kadang masuk kadang tidak masuk tanpa suatu sebab yang jelas. Begitulah keadaanku dalam menulis, kadang rajin dan kadang kurang bergairah. Biasanya ada sesuatu yang membuatnya terhenti, dan sulit lagi untuk memulainya.

Sesuai dengan judul yang aku sampaikan, cerita ini kutulis diwaktu pagi antara pertengahan November 2006 hingga akhir Februari 2007, ketika dinihari menunggu subuh atau pada kesempatan lain bila hari libur.

Tetapi sesudah itu terhenti. He he. Rok-Rok-Asem.

Ceritanya mengenai apa saja yang sedang ada dibenakku, tidak membatasi akan suatu topik tertentu. Jadi boleh dikata, sekedar merupakan rekaman proses pengamatan dan memprosesnya secara internal saja.

Cerita Pagi ini tidak dimaksudkan untuk suatu tujuan tertentu, hanya sekedar rekam pikir sahaja. Dan seingatku, hanya aku kirimkan kepada kerabatku Banie Maskoen melalui kiriman email, yang saat itu sebagai penggunanya masih sedikit, karena banyak keponakan dan saudara yang belum terhubung dengan jaringan dunia maya ini karena berbagai hal.

Ketika sedang membenahi file yang ada, secara kebetulan muncul kumpulan tulisan tersebut, dan terfikir mungkin ada baiknya jika diunggah ke blogku – ongkeksuling.wordpress.com – , yang sudah lama tidak bertambah isinya, karena lupa akan password-nya. Sampai-sampai, tidak bisa menerima dan membalas komentar yang disampaikan oleh beberapa orang langsung dalam blog, melainkan secara pribadi via email saja.

Mohon maaf bila isi dari pemikiranku tulisanku ini yang ada kurang pas dengan pemikiran dan pendapat anda, dan tidak usah ditanggapi secara serius dan berikanlah masukan kepadaku, karena hanya pikiran seorang hamba Allah swt yang sedang mencoba mendayagunakan akal yang dikaruniakan oleh-Nya, dan tentunya tidak luput dari kekhilafan dan kesalahan. Khususnya pemikiranku dan pemahamanku berkenaan dengan masalah keagamaan, yang sangat dangakal dan terbatas, dan lebih khusus lagi tentang penetapan awal bulan serta pernikahan – yang memang banyak sekali pendapat yang berkembang.

Jika ada hal-hal yang baik, kesemuanya itu datangnya dari Allah swt, dzat yang Maha Sempurna dan Maha Mengetahui, yang menganugerahkan kemauan dan kekuatan kepada kita semua.

Billahittaufieq wal hidayah.

Saifuddien Sjaaf Maskoen

Jakarta, 18 Februari 2013

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: