JIRANKU [komentar & jawaban]

Berikut komentar dari adikku tentang tulisan di atas. Mungkin juga nanti akan saya tambahkan lagi, berdasar perkembangan terakhir yang kuketahui.

Dari Yazid Fathoni :

Blok antara tempat kita dan dokter Oesman sebelum dipakai Toko Persahabatan ( Pak Amanullah ) memang dikelola Toko Roso Utomo/Pak Amat. Mungkin waktu itu sampeyan sudah kuliah di ITB, tapi justru waktu itu saya benyak mengenal dan bahkan sering main di Toko tersebut dan seingat saya memang tidak ada nama tokonya tapi yang jelas Toko tsb jualan kompor minyak tanah serta sumbu buatan Ning Sah yang dijaga oleh Cak Nawir dan Cak Broto.

Hal yang membuat ingat sampai sekarang adalah yang namanya Pak Amat (yg terkenal kereng ) suatu saat mengunci dari luar 2 orang yang saya sebut diatas entah karena apa, sementara itu saya, sutris dan sibli ( anaknya cak Tolan ) menyaksikan bagaimana dengan cerdiknya keduanya turun dengan cara ‘mbelancir’ pada tiang telepon disamping rumah,  sementara Pak Amat menunggui didepan pintu, akhirnya kecapean ditinggal pulang.

Setelah kejadian itu, Ibu wanti-wanti jangan sampai naik-naik keatas ntar dimarahi Pak Amat. Tapi saya paling sering naik-naik di loteng hingga sampai lantai atas dan persis diatas toko pantes ada bengunan kubus berpintu yang bisa dimasuki tapi saya tidak berani masuk.

Catatan : yang dimaksud Pak Amat, adalah Haji Amat Tasridjan.

Toko Pantes

Jaman saya. Toko Pantes ini  kalau pagi pasti ada Cak Mat Tembel nyanggong disana, rupanya dia jadi rekanan Toko Pantes untuk supply alat stationary ke instansi-instansi di kota Gresik.

Karena malam hari saya sering minta ke Cak Rudi karton bekas buku atau pensil untuk prakarya sehingga saya tahu persis siapa saja yang biasanya cangkruk di Toko Pantes,  yaitu pak Sidik ( bandaran ), cak Nut dan cak Mang Genggong dan tentu saja Cak Rudi.

Saya kagum sekali waktu kecil lihat mereka cangkruk pake bahasa inggris, sehingga saya terobsesi pingin belajar bhs inggris pada Pak Sidik kelak karena hanya dia yang paling fasikh diantara mereka.

Akhirnya kesampaian juga waktu SMA ikut kursus bhs Ingris IQBAL pimpinan Cak Mang dan pengajar tingkat akhir yaitu Pak Sidik. Dua orang ini kalo ketemu saya selalu menanyakan sampeyan dan dua orang ini sangat bangga kalau ketemu bekas murid-muridnya yang sudah lulus sarjana. Tentang cak Mang genggong ini, ya masih tetap sering tampil dengan genggong dan lagu wajib yang dia nyanyikan dari dulu ya tetap Never on Sunday

Hotel Bahagia

Sampai sekarang ya memang masih Hotel, dan dipegang suami almarhumah Mbak Harit yang mantan aktivis PII Blitar.

Yang menarik dari Hotel bahagia ini, adalah perabot kantornya masih tetap tidak berubah alias sama persis saat saya masih kecil sering diajak Bapak Kun ke sana, cuma yang sudah tidak ada adalah tulisan ” DILARANG MEMBAWA KELERENG” saya yakin Didik tidak mengerti apa maksud tulisan itu. Hotel Bahagia ini mempunya segmen khusus biasanya sales perusahaan.

Tinggal di Garling mamang tidak lepas dari etnis China yang beberapa sudah sampeyan sebut, ingat singkek yang kakinya kecil saya jadi ingat pantun kilat “singkek ngancing terasi dedekek dipangan kucing”.

Atau bahasa2 china plesetan entah ciptaan siapa ya seperti : Ling Cik Tu Tuling Ling Yu ( maling mancik watu watune ngguling malinge melayu ),  Go Pek Si Cap ( nggowo lepek isi kecap ), Nggo Peg Nggo ( tonggo ngepek tonggo ), ada lagi Sur Deg Ewer Ewer (susur nang ndukure gedeg ewer ewer ) atau semacam ini juga Tai Dus Talen ( taeeke wedus untalen )

Ada lagi istilah singkek kautilan yang dulu saya sering dengar tapi sampai sekarang belum tahu apa maknanya jelasnya. Saat bermain dengan anak anak etnis china ini sering kali rame-rame kita curangi  yang istilah nya di “cing” kalao main petak umpet ya bagaimana caranya agar di buat dia kalah terus. Dan yang tidak bisa dilupakan adalah melihat Cino mati rame-rame sambil ikut menangis agar diberi uang. Saya kira semua masih ingat Sur ti Sur bang Cino mati kupluk abang

Catatan :

Sedikit koreksi atas plesetan

Yang Surdeg weren, Taidus tallen, dan Burnas koppen itu plesetan dari bahasa Belanda, yang ditandai dengan akhiran ‘en’ dimana kata kerja biasanya berakhiran tersebut.

  • Surdek weren, susur di dikek gedeg, delewer untalen
  • Burnas koppen, bubur panas kokopen.

Kalau plesetan China, adalagi

  • Ruk mbo cuk li, cengkaruk diwadai timbo dicucuk manuk dali [kalau asosiasinya terlalu porno, maka kepanjangannya akan jadi lain]
  • Sinu songae, terasi ditunu gosong tengahe

Bukan Sur ti sur bang, tetapi Kulci kulbang, Cino mati kupluk abang, wug gawuk. Kulci itu, adalah gablok [khas Lamongan] yang dipotong bentuk dadu, lalu dicampur parutan kelapa dan gula merah.

Wak Kadir

Mungkin Wak Kadir ini yang sampeyan maksud tukang arloji sebelah Yok Oei, adapun alat yang menempel di matanya susah juga menamakannya, dibilang ‘lup’

tapi koq nempel di mata, kalo di bilang ‘telescope’ tidak juga karena obyeknya di depan mata. Saya dulu sering memperhatikan (ndomblong ) saat dia sedang asyik mereparasi arloji, yaitu alat yang menempel di mata ini selalu dipindah-pindahkan antara mata kanan dan kiri kemudian sekali-sekali dilepasnya alat itu sambil matanya di kedip-kedipkan, rupanya dia tahu kalo tidak dipindah-pindahkan berakibat matanya menjadi juling karena daya akomodasi otot mata yang tidak seimbang.

Ngomomg-ngomong soal Wak kadir, ada cerita suatu saat Wak kadir ini kebelet pipis, saking kebeletnya dia lupa melepas alat di matanya itu dan tiba-tiba waktu cebok dia menjerit-njerit, dan orang kampung pada berdatangan semua, usut punya usut …. eh rupanya dia kaget melihat ‘burung’nya sendiri yang menjadi besar karena alat dimatanya tidak dilepas.

Satu Tanggapan to “JIRANKU [komentar & jawaban]”

  1. luqman syarief Says:

    wah setelah iseng-iseng cari di google akhirnya ada juga yang punya cerita bedilan.saya anak bungsu dari achmad hillman (almarhum),kami empat bersaudara,ikmal hillman,kurnia indah,adam arief, dan saya luqman syarief.achmad hillman anaknya achmad saleh dan oma maria,cerita tentang aba,mbah, dan oma saya masih belum tau,krena saya masih bayi mereka sudah mninggal.jadi saya harap kalo ada cerita,di share sebnyak-bnyaknya ya om.diblog ini,e-mail atau lainnya.no hp saya 08563222269.terim kasih wasalamualaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: